Haifa Nida Wisata Karawang

Impian tertinggi setiap muslim tentunya adalah menjalankan seluruh rukun Islam. Rukun Islam yang paling tinggi dan berada di urutan paling akhir adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullaah. Bisa melaksanakan ibadah haji dan umroh menjadi kenikmatan tersendiri bagi setiap muslim dan mukmin.

Di Kota Karawang, ada sebuah badan usaha berbentuk Travel Umroh & Haji yang bernama Haifa Nida Wisata.

Haifa Nida Wisata adalah salah satu perusahaan travel haji terbesar yang ada di Kota Karawang, yang sudah berdiri sejak tahun 2007.

Lokasi awal berdiri perusahaan ini adalah di daerah Hegarmanah Bandung, kemudian tidak lama itu pindah ke daerah Cilamaya Karawang. Dan dimulai dari sinilah, banyak orang Karawang yang mengenal Haifa Nida Wisata sebagai perusahaan travel haji dan umroh yang terpercaya.

Dalam sejarahnya berdiri, Haifa Nida Wisata sedikitnya sudah mengalami perpindahan tempat sebanyak 3 kali, yang ke semua tempatnya itu adalah hak milik pribadi atas nama pemilik Haifa, yaitu Bapak Dr. H. Fahruroji, MA. Haifa Nida Wisata berkantor pusat di Cilamaya, sedangkan untuk lokasi kantor pemasarannya adalah di Jalan R.A. Kartini samping Masjid Al-Jihad By Pass Karawang. Untuk kedepannya, akan dipusatkan semuanya di Karawang.

Haifa Nida Wisata sudah memberangkatkan jama’ah haji dan umroh ribuan orang dari semenjak berdiri hingga sekarang. Dan dalam tahun ini pun, sedikitnya selalu memberangkatkan jama’ah sebanyak 100 sampai 300 orang dalam satu minggu.

Sekarang mari kita tengok kantor Haifa Nida Wisata dari luar hingga ke dalam. Dari segi bangunan, Haifa memiliki arsitektur dengan nuansa Arabic, dengan perpaduan antara marmer dan granit. Jika kalian masuk ke dalam kantor Haifa, kalian akan merasakan suhu yang teramat sejuk, karena dari mulai meja, kursi, tembok dan yang lainnya terbuat dari marmer. Luar biasa.

Bagi para calon jama’ah yang akan melaksanakan haji dan umroh bisa melakukan manasik langsung di kantor Haifa Nida Wisata, karena di lantai atas ada sebuah aula yang cukup besar yang digunakan khusus untuk kegiatan manasik haji. Sebelum kegiatan manasik dilaksanakan, biasanya para jama’ah diberikan wawasan terlebih dahulu melalui tayangan TV secara langsung dari tanah arab, yang sudah disediakan oleh pihak Haifa. Kemudian setelah itu barulah manasik pun dimulai.

Di sebelah ruangan aula tersebut ada sebuah ruangan lagi yang digunakan untuk makan-makan para jama’ah. Di sini pun ada beberapa toilet yang kembali lagi semuanya itu disediakan khusus untuk para jama’ah haji dan umroh.

Para jama’ah yang akan melunasi biasa administrasi, bisa langsung membayarnya di bagian administrasi yang ada pada lantai bawah. Ruangan ini tergabung menjadi satu dengan bagian marketing. Di sini pun sudah ada tiga orang staff yang siap melayani kebutuhan para jama’ah.

Para calon jama’ah haji dan umroh yang sudah menyelesaikan seluruh biaya administrasi, akan mendapatkan fasilitas koper dan seluruh isinya yang dibutuhkan nanti pada saat berangkat. Berbeda hal dengan perusahaan travel haji dan umrah lainnya, di Haifa koper untuk para jama’ah sudah tersedia dengan stok yang banyak, jadi tidak perlu mengunggu lama untuk mendapatkan koper-koper tersebut.

Selain dari itu semua, di Haifa Nida Wisata juga menyediakan oleh-oleh haji yang bisa dibeli oleh para jama’ah ketika kepulangan. Jadi tidak perlu repot lagi bawa belanjaan yang banyak dari tanah Makkah. Oleh-olehnya pun beragam dan unik, juga harganya sangat terjangkau.

Sesudah kita tengok isi kantor Haifa Nida Wisata, sekarang kita masuk ke pembahasan paket haji dan umroh yang disediakan oleh PT. Haifa ini. Di awal-awal Haifa berdiri, paket yang selalu disediakan hanyalah paket VIP dengan armada pesawat yang bernama SAUDIA, yang memiliki tempat landing tersendiri dan berbeda dengan tempat landing pesawat komersil pada umumnya.

Akan tetapi di tahun-tahun sekarang, berdasarkan beberapa pertimbangan dari sang pemilik, Haifa juga membuka untuk kelas ekonomi dengan fasilitas  yang boleh dibandingkan dengan kelas sebelumnya yaitu VIP. Adapun untuk masalah harga paket, yaitu kisaran angka 21,5 juta dengan fasilitas:

  • Armada pesawat Saudia
  • Jarak antara hotel ke Makkah adalah 70 meter, dan jarak hotel ke Madinah sekitar 200 meter
  • Penginapan selama 9 hari full dengan fasilitas hotel bintang 4
  • Pembimbing haji langsung oleh seorang ustadz yang berpengalaman di bidangnya

Berikut ini adalah susunan Direksi Haifa:

  • Dr. H. Fahruroji, MA. (Komisaris Utama)
  • Hj. Ria Marliana, S, SE. (Direktur Utama)
  • Haitsam (Direktur)

Sebagai informasi tambahan, nama Haifa Nida Wisata diambil dari nama ketiga anak sang pemilik, yaitu Haisyam, Iyad, dan Aufa, adapun untuk Nida berasal dari Bahasa Arab yang artinya adalah mengundang, dan Wisata adalah bekunjung ke sebuah tempat di Baitullaah. Jadi, Haifa Nida Wisata adalah, Haifa mengundang para jama’ah untuk berkunjung ke Baitullaah.

Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menambah informasi tambahan bagi para pengunjung. Sampai bertemu kembali pada artikel selanjutnya. Wassalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *